Posted: Maret 3, 2010 in Uncategorized

TRANSMIGRASI

Ilmu sosial adalah ilmu yang sangat penting agar dapat membantu manusia dalam menghadapi berbagai masalah apalagi sekarang adanya suatu perubahan global dan permasalahan yang semakin komplek yang sedang melanda seluruh dunia, baik masalah sosial, ekonomi, politik dan sebagainya. Sehingga kita sebagai manusia harus bisa menghadapi perubahan dan permasahan ini.

Dalam Ilmu Sosial itu mencakup banyak banget hal, salah satunya transmigrasi. Transmigrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu wilayah yang padat penduduknya ke area wilayah pulau lain yang penduduknya masih sedikit atau belum ada penduduknya sama sekali. Transmigrasi di Indonesia biasanya diatur dan didanai oleh pemerintah kepada warga yang umumnya golongan menengah ke bawah. Sesampainya di tempat transmigrasi para transmigran akan diberikan sebidang tanah, rumah sederhana dan perangkat lain untuk penunjang hidup di lokasi tempat tinggal yang baru.

Tujuan dari transmigrasi itu sendiri adalah untuk meratakan persebaran penduduk di seluruh wilayah nusantara dan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan memberikan kesempatan merubah nasib.

Pemerintah Indonesia saat ini juga emngadakan yang namanya program transmigrasi. Program transmigrasi itu sendiri diartikan sebagai sebuah inisiatif dari pemerintah Indonesia untuk memindahkan orang-orang tak bertanah dari daerah padat penduduk Indonesia untuk daerah-daerah yang kurang padat penduduknya di negara ini. Hal ini terlibat secara permanen memindahkan orang dari sekitar pulau Jawa, tetapi juga untuk tingkat yang lebih rendah misalkan dari Bali dan Madura, untuk daerah-daerah yang kurang padat penduduknya, termasuk Papua, Kalimantan, Sumatera, dan Sulawesi.

Tujuan yang dinyatakan program ini adalah untuk mengurangi kemiskinan dan kepadatan penduduk yang cukup besar di sekitar Pulau yang padat penduduknya, terutama Pulau Jawa, untuk memberikan kesempatan bagi pekerja keras orang miskin, dan untuk menyediakan tenaga kerja untuk lebih memanfaatkan sumber daya alam pulau-pulau terluar.

Sekarang, pemerintah Indonesia sendiri akan segera mengembangkan keberadaan Museum Nasional Ketransmigrasian (MNK) sebagai pusat pengelolaan berbagai data, informasi dan benda bersejarah yang terkait dengan pelaksanaan program transmigrasi, sejak jaman kolonial hingga saat ini.

MNK itu sendiri berada di Provinsi lampung dan akan dijadikan laboratorium sosial dan pendidikan bagi masyarakat tentang program pemindahan penduduk dari satu pulau ke pulau lainnya.

Lokasi pembangunan MNK yang berada di Desa Bagelen Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung ini merupakan kawasan pertama kali program kolonisasi (istilah transmigrasi zaman Belanda) yang dimulai pada 1905 oleh Pemerintah Belanda.

Kawasan MNK yang berada di lahan seluas 6,3 hektare itu tidak hanya diperuntukkan bagi museum, melainkan juga untuk kolam renang, sentra kerajinan, panggung terbuka dan juga 10 anjungan rumah adat sejumlah daerah asal transmigran.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s