Posted: Maret 5, 2010 in Uncategorized

MAKALAH

ILMU BUDAYA DASAR (IBD)

UNIVERSITAS GUNADARMA

KAMPUS J KALIMALANG

Mata Kuliah  :  Ilmu Budaya Dasar (IBD)

Dosen  :  Muhamad Burhan Amin

Topik Tugas  :  Peranan Budaya Lokal Memperkokoh Budaya Bangsa

Kelas : 1KA26

Dateline Tugas  :  6 Maret 2010

Tanggal Penyerahan dan Upload Tugas : 6 Maret 2010

PERNYATAAN

Dengan ini kami menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam tugas ini kami buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim/pihak lain.

Apabila terbukti tidak benar, kami siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.

Penyusun

NPM Nama Lengkap Tanda Tangan
10109410 ANDRY RISNANDAR

Program Sarjana Manajemen Sistem Informasi

UNIVERSITAS GUNADARMA

Tahun 2010


KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kepada Allah SWT, atas berkat rahmat dan ridho nya saya dapat menyelesaikan pembuatan makalah Peranan Budaya Lokal Memperkokoh Budaya Bangsa.

Beraneka ragam kebudayaan lokal yang kita punya, kita diwajibkan untuk melestarikan dan lebih mengenal lagi kebudayaan lokal yang kita miliki. Kebudayaan lokal kita dapat dijadikan symbol khas dalam memperkenalkan kebudayaan kita ke negara – negara asing.

Sebagai penulis makalah ini saya memerlukan saran dan kritik demi meningkatkan daya cipta saya dalam pembuatan makalah – makalah atau penulisan saya kedepan. Semoga apa yang saya tulis bisa atau dapat bermanfaat bagi yang membacanya.

DAFTAR ISI

PERNYATAAN……………………………………….………………………………..………………2

KATA PENGANTAR….……….………………………………………….……………………….….3

DAFTAR ISI………………………………..……………………………….………………………….4

BAB I PENDAHULUAN……..………………………………………………………………………..5

1.1 LATAR BELAKANG……………………………………………………………..………………..5

1.2 TUJUAN……..…………………………………….………………………………………………5

1.3 SASARAN……………………………………………………………………………..…………..6

BAB II PERMASALAHAN…………………………………………………………………….…….7

2.1 KEKUATAN………………….………………………………………………………………..…….7

2.2 KELEMAHAN……………….………………………………………………………………..…….7

2.3 PELUANG………………………………………………………………………………………..…..7

2.4 TANTANGAN…………….………………………………………………………….……….……8

2.5 SOLUSI……………………..…………………………………………………………………………8

BAB III PENUTUP…………………………………………………………………….………………9

3.1 KESIMPULAN………………………………………………………………….………………….9

3.2 REKOMENDASI………………………………………………………………..…………………9

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

Budaya bangsa dibentuk dari keunggulan – keunggulan yang ada pada budaya – budaya lokal seNusantara. Dengan demikian budaya lokal yang ada di Nusantara muncul dan eksis lebih dulu, sedangkan budaya  bangsa muncul sesudahnya, tepatnya sesudah Negara Republik Kesatuan Indonesia diproklamirkan. Jadi, budaya bangsa mewarisi nilai-nilai unggulan dari budaya-budaya lokal, dan bukan sebaliknya. Nilai-nilai luhur yang terdapat dalam kebudayaan lokal dapat dijadikan sebagai penyeimbang dari terpaan arus modernisasi dan globalisasi, yang intensitasnya kian bertambah pada masa sekarang dan mendatang, yang banyak akan mewarnai kehidupan masyarakat. Derasnya arus informasi yang menerpa masyarakat dengan sendirinya memberikan pengaruh terhadap perubahan pola pikir dan sikap mereka. Budaya lokal dengan nilai-nilai luhurnya tersebut telah dianut dan diyakani oleh masyarakat di daerah, bahkan telah menyatu dalam kepribadian mereka, dapat dijadikan filter terhadap desakan budaya-budaya luar sebagai konsekuensi logis dari kemajuan zaman.

Kebudayaan merupakan peranan yang sangat penting bagi suatu Negara khususnya Indonesia, karena kebudayaan itu memiliki hubungan yang sangat erat dengan masyarakat. Untuk lebih menyadari makna ketahanan budaya bangsa ini sebagai ketahanan nasional, memelihara eksistensi dan solidaritasnya dan tidak kehilamgan jati diri serta harga diri maka bangsa ini akan terjaga dengan baik jika pembangunan dan pengembangan seni memperkokoh kesadaran diri dan jati dirinya sebagai bangsa anggun serta beradab. Dengan demikian, peranan budaya lokal memperkokoh budaya bangsa dapet terlaksana.

1.2 TUJUAN

Betapa pentingnya kita dalam mendahulukan kebudayaan lokal disbanding kebudayaan asing atau barat, adapun tujuan saya membuat makalah ini adalah memberikan penjelasan – penjelasan tentang keunggulan dan permasalahan yang ada pada kebudayaan lokal, agar masyarakat lebih akan kebudayaan lokal itu sendiri masyarakat juga bisa melestarikan dan mengelola kekayaan budaya lokal dengan baik.

1.3 SASARAN

Sasaran dalam makalah ini adalah seluruh masyarakat Indonesia khususnya para generasi bangsa untuk menyadari akan pentingnya kebudayaan karena kebudayaan merupakan suatu identitas suatu Negara di mata dunia.

BAB II

PERMASALAHAN

2.1 KEKUATAN

  • Adanya kekayaan nilai budaya bangsa yang bersumber pada keanekaragaman suku, adat, bahasa dan kekayaan nilai budaya lainnya.
  • Adanya Konsep Pembangunan Berwawasan Kebudayaan,dan tidak berorientasi pada ekonomi saja.
  • Adanya suatu Pedoman Etika Kehidupan Berbangsa yang mengangkat nilai-nilai luhur budaya bangsa.

2.2 KELEMAHAN

  • Terkikisnya budaya Indonesia karna terpengeruh budaya asing sehingga budaya Indonesia mulai terlupakan.
  • Kurang optimalnya peran serta Pemerintah  pusat maupun Pemerintah daerah  dalam pengelolaan kekayaan budaya Indonesia
  • Perkembangan zaman dan teknologi (modernisasi dan globalisasi) yang semakin maju sehingga menimbulkan pergeseran cara pandang kebudayaan di dalam masyarakat.
  • Budaya Barat yang mengakibatkan timbulnya permasalahan-permasalahan budaya di Indonesia. Pemerintah, masyarakat, dan pelaku budaya perlahan meninggalkan budaya tradisional dengan alasan mengikuti arus budaya barat, sehingga  bangsa Indonesia dapat kehilangan ciri atau citra bangsa di mata dunia.
  • Kurangnya rasa cinta masyarakat terhadap budaya bangsa Indonesia kita sendiri.

2.3 PELUANG

  • Dengan berbagai macam kebudayaan lokal bisa menambah keanekaragaman budaya
  • Dengan banyaknya keanekaragaman budaya, itu bisa dijadikan peluang dalam memajukan perekonomian Indonesia.

2.4 TANTANGAN

  • Banyak orang – orang di Indonesia hampir mengutamakan kebudayaan asing dari pada kebudayaan kita sendiri.
  • Kemajuan teknologi juga bisa menjadikan tantangan buat kita karena banyak orang – orang yang mulai meninggalkan atau melupakan kebudayaan lokal dengan mengikuti teknologi yang kita tahu bahwa kemajuan teknologi makain kesini makin maju dan tiap tahunnya pasti berubah.

2.5 SOLUSI

  • Menjaga, mengembangkan dan melestarikan kekayaan kebudayaan lokal kita.
  • Banyak orang – orang di Indonesia yang ngga terlalu mengenal kebudayaan lokal kita sendiri, maka dari itu tugas kita adalah lebih mengenalkan lagi kebudayaan lokal kita kepada masyarakat Indonesia.
  • Memadukan atau menggambungkan kebudayaan asing dengan kebudayaan lokal yang ada di Negara kita.

BAB III

PENUTUP

3.1 PENUTUP

  • Terkadang kita nggA terlalu tahu akan banyaknya aneka ragam budaya yang dimiliki oleh Negara kita, disinilah tugas kita harus lebih menjaga, melestarikan dan mengembangkan kebudayaan lokal yang kita miliki.
  • Pemerintah daerah pun diwajibkan untuk aktif dalam mengelola kebudayaan – kebudayaan yang ada pada masing – masing daerah tersebut, sedangkan pemerintah pusat ikut serta memantau dan menyediakan fasilitas demi memajukan kebudayaan – kebudayaan lokal kita sendiri

3.2 REKOMENDASI

  • Peran pemerintah dituntut aktif dalam menangani masalah kebudayaan lokal yang ada pada masing – masing daerah, misalnya menyediakan fasilitas – fasilitas di daerah.
  • lebih mengenalkan lagi kepada masyarakat yang belum tahu betapa banyak dan beraneka ragam kebudayaan yang dimiliki oleh Negara kita.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s