Lagarde Jadi ‘Bos’ IMF Wanita Pertama

Posted: Juni 29, 2011 in Uncategorized

Menteri Keuangan Perancis Christine Lagarde akhirnya resmi terpilih menjadi Managing Director wanita pertama lembaga dana moneter internasional (IMF). Lagarde mendapatkan dukungan dari AS dan Rusia.

Wanita berusia 55 tahun ini bakal memulai tugasnya selama 5 tahun sebagai bos baru IMF mulai 5 Juli. Sebagai kepala IMF, dia akan segera mencari cara untuk menyelamatkan perekonomian Eropa dari krisis khususnya akibat krisis utang di Yunani.

Beberapa menit setelah pemilihannya, Lagarde dengan cepat memulai usahanya untuk segera mencari jalan keluar bagi Yunani agar bisa keluar dari krisis.

Menurut IMF, Lagarde merupakan wanita pertama yang menduduki jabatan tertinggi di IMF sejak IMF berdiri pada 1944. Anggota dewan IMF dilaporkan memilih Lagarde ‘berdasarkan konsensus’.

Sebelumnya langkah Christine Lagarde menjadi bos IMF semakin pasti setelah Amerika Serikat secara resmi mendukungnya. AS menyatakan hal ini ketika dewan IMF yang beranggotakan 24 negara bertemu untuk mencapai kesepakatan tentang direktur pelaksana baru.

Kekosongan posisi tertinggi IMF terjadi karena mantan direktur pelaksana Dominique Strauss-Kahn dipaksa turun tanggal 18 Mei lalu karena ditangkap di New York atas tuduhan melakukan penyerangan seksual.

Christine Lagarde merupakan Menteri Keuangan Perancis berusia 55 tahun. Lagarde sejauh ini telah melakukan berbagai kunjungan untuk mendapatkan dukungan seperti China dan India. Dari Indonesia, Menteri Keuangan Agus Martowardojo secara terang-terangan juga menyatakan dukungannya pada Lagarde.

Dalam pertarungan menuju kursi no. 1 di IMF, Lagarde akan ditantang oleh Stanley Fischer. Namun ternyata nama yang muncul justru Agustin Carstens yang merupakan Gubernur Bank Sentral Meksiko berusia 53 tahun.


Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s