Pemilihan ‘Bos’ Baru IMF Disambut Pasar

Posted: Juni 29, 2011 in Uncategorized

Bank Indonesia (BI) memandang terpilihnya Menteri Keuangan Perancis Christine Lagarde sebagai wanita pertama yang menjadi kepala Dana Moneter Internasional (IMF) akan memberikan respon yang baik terhadap pasar. Terpilihnya Lagarde akan lebih kondusif terhadap nilai tukar karena sentimen positif akan membantu penyelesaian krisis Eropa.

“Saya juga sependapat, akan lebih kondusif terhadap nilai tukar dipasar karena sentimen positif akan membantu penyelesaian krisis Eropa,” ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia Hartadi Agus Sarwono kepada detikFinance di Jakarta, Rabu (29/6/2011).

Dijelaskan Hartadi, Lagarde memang lebih dikenal oleh negara-negara anggota IMF karena kompetensi, khususnya kemampuannya dalam membangun konsensus atas isu-isu global.

“Di Asia beliau jauh lebih dikenal dibanding kandidat lainnya. Keberpihakan beliau terhadap negara-negara Asia khususnya Indonesia sangat kuat,” katanya.

“Kedatangan Perdana Menteri Perancis ke Indonesia dalam waktu dekat ini juga merupakan cerminan hasil kerja Lagarde untuk meningkatkan kolaborasi Perancis sebagai Ketua G20 dengan Indonesia sebagai Ketua Asean,” imbuh Deputi bidang Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter ini.

Seperti diketahui, Menteri Keuangan Perancis Christine Lagarde, yang berusia 55 tahun, resmi terpilih sebagai wanita pertama yang menjadi kepala Dana Moneter Internasional (IMF).

Pengumuman mengenai penunjukannya itu dikeluarkan tidak lama setelah dia mendapat dukungan Amerika dan Rusia.

Lagarde, yang menjabat menteri keuangan sejak Juni 2007, bersaing dengan kandidat dari Meksiko yakni Gubernur Bank Sentral Meksiko Agustin Carstens.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s